specimenPemilu tahun 2014 di kantor KPU, Jakarta, Senin (21/10), KPU mengadakan pertemuan dengan perwakilan partai politik untuk memberitahukan model surat suara yang akan digunakan untuk pemilihan umum legislatif (pileg) tahun 2014 mendatang.

Surat suara DPR, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota di daerah pemilihan selain Aceh berukuran 42×52 centimeter persegi (cm2). Sedangkan untuk di Aceh berukuran 54×70 cm2.

Yang belum dipastikan dalam desain surat suara, lanjut dia, hanya tinggal logo dan format penulisan nama parpol. Penetapan logo dan format penulisan nama menunggu verifikasi dan klarifikasi parpol. “Tinggal logo dan penulisan nama yang mesti disepakati dengan parpol,” kata dia.

Dikatakan Arief, bentuk logo setiap parpol berbeda. Akibatnya, kata dia, ukuran logo parpol di kertas suara tampak berbeda. Beberapa parpol menggunakan logo vertikal dan sisanya horizontal. “Ada juga yang segi empat. Ini akan membuat tampilan disurat suara ada yang lebih kecil dan lebih besar. Padahal luasan yang diberikan sama,” ujarnya.

Sementara soal surat suara DPD, dia mengatakan, surat suara dibuat dalam dua ukuran, yaitu 52×42 cm2 dan 54×70 cm2. (KOMPAS)

Leave a Reply

PENGUNJUNG


Website counter